Cara Mengatasi Android Lemot Dalam Waktu 2 Menit

Cara Mengatasi Android Lemot – Smartphone android merupakan perangkat ponsel pintar yang sangat lekat di keseharian. Tidak hanya sebgaia alat komunikasi, namun smartphone ini juga berfungsi untuk bekerja atau hiburan. Kecanggihan teknologi android membuat beberapa hal bisa dilakukan melalui smartphone seperti bermain game online, membaca dan mengedit dokumen, mengedit foto, mendownload dan sebagainya.

Multi fungsinya smartphone ini juga didukung dengan keberadaan software atau aplikasi yang mudah digunakan. Seperti aplikasi email, social media, pemotong lagu, pengubah video dan lain sebagainya. Namun, meski smartphone merupakan perangkat yang canggih, adakalanya benda tersebut bekerja dengan lemot. Tentu sangat mengesalkan jika proses loading smartphone menjadi lambat disaat Anda sedang membutuhkannya. Lalu, bagaimana cara mengatasi android lemot ini ?

cara mengatasi android lemot
Android Lemot banget

Cara Mengatasi Android Lemot dengan Cepat

Jangan membuka banyak aplikasi secara bersamaan
Aplikasi yang terbuka atau bekerja membuat kapasitas RAM menjadi terisi, sehingga jika ada banyak aplikasi yang terbuka akan membuat RAM lama kelamaan menjadi penuh. Karena itulah, jika Anda memiliki kebiasaan membuka banyak aplikasi bersamaan, maka pilih smartphone dengan kapasitas RAM besar. Walaupun sebenarnya akan lebih baik jika Anda membuaka aplikasi satu persatu.

Aplikasi yang berjalan secara bersamaan tidak hanya menghabiskan RAM namun juga membuat baterei lebih cepat boros. Jika Anda merasa bagian baterei panas, maka bisa jadi ada banyak aplikasi yang sedang berjalan bersamaan.

Tutup aplikasi yang sudah selesei digunakan
Setelah menggunakan Facebook misalnya, maka segeralah untuk log out. Dengan membiarkan akun terbuka berarti membuat aplikasi akan terus berjalan dan melakukan update data. Hal ini pula yang membuat RAM menjadi penuh. Meski tidak Anda jalankan secara live namun aplikasi tersebut tetap akan bekerja selama ada data internetnya aktif. Selain membuat RAM penuh, aplikasi yang menggunakan sistem update ini akan membuat kuota data Anda tersedot jika tidak melakukan log out.

Kurangi isi memori internal
Salah satu penyebab smartphone yang lemot adalah memori internalnya yang kepenuhan. Entah karena aplikasi atau adanya data unduhan. Memori internal yang penuh secara tidak langsung akan mengganggu proses loading smartphone tersebut. Jila ponsel Anda memiliki memori internal yang besar maka tidak mengapa menyimpan banyak data didalamnya, namun jika tidak sebaiknya gunakan memori eksternal sebagai tambahan.

Selain itu memori eksternal ini juga bisa disesuaikan kapasitasnya sehingga bisa menyimpan lebih banyak data. Berbeda dengan kapasitas internal yang ukurannya sudah ditetapkan dari pabriknya. Nah, pindahkan beberapa aplikasi internal tersebut ke dalam memori eksternal agar kapasitas memori internalnya lebih lapang.

Bersihkan cache data
Setiap aplikasi yang berjalan pasti meninggalkan cache data yang menempati space dalam RAM. Nah, cache data ini bisa semakin menumpuk dan membuat kapasitas RAM menjadi lebih kecil. Jika Anda mengalami masalah smartphone yang lemot maka coba periksa cache data yang tertera kemudian bersihkan.

Tidak menggunakan live wallpaper
Meski bermaksud untuk memperindah tampilan smartphone, namun live wallpaper ternyata bisa membuat smartphone lelet. Karena live wallpaper membutuhkan proses loading juga untuk menjalankannya. Dan jika terlalu banyak proses loading yang berjalan, maka kerja smartphone pun akan semakin melambat. Cara mengatasi android lemot sebaiknya dengan menggunakan wallpaper yang biasa dan tidak rumit, agar loading ponsel lebih stabil.

Jangan terlalu sering mengupdate aplikasi
Aplikasi pada smartphone biasanya menggunakan sistem updata untuk memperbarui fitur-fiturnya. Namun harus diperhatikan bahwa dengan menggunakan versi updatenya akan membuat kapasitas RAM menjadi semakin sempit, mengapa ? Karena aplikasi update-an memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang aplikasi lamanya.

Baca juga : Cara mengubah video biasa menjadi video Virtual Reality

Hal ini pula yang mengakibatkan versi upadet-an tidak bisa berjalan dengan maksimal pada beberapa ponsel, karena kemungkinan RAM-nya sudah terlalu penuh. Sebaiknya seleksi aplikasi yang benar-benar butuh diupdate dan pastikan RAM atau memori penyimpanan masih cukup.

Hapus SMS atau chat media social
Selain dari ukuran aplikasi, smartphone yang lemot bisa juga diakibatkan karena menumpuknya pesan atau chat di media sosial. Hal ini menyebabkan proses loading akan sangat lambat, terutama pada aplikasi media sosial. Jika tidak penting, sebaiknya bersihkan semua sms atau chat tersebut.

Restart ponsel
Cara mengatasi android lemot yang cukup ampuh adalah dengan merestartnya. Proses restart akan secara otomatis menghapus cache yang tersimpan serta menghentikan semua aplikasi yang berjalan. Sangat mudah melakukan restart ini, yaitu dengan menekan Power dan pilih Restart atau mulai kembali. Namun disarankan untuk mengambil cara ini sebagai alternative paling akhir. Langkah yang paling utama adalah menutup aplikasi dan membersihkan RAM-nya.

Okey itulah beberapa langkah yang hanya membutuhkan waktu tidak sampai 2 menit untuk cara mengatasi android lemot dengan mudah. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

vivo y51 lemot,hp vivo penyimpanan rusak,cara mengatasi sinyal 4G lemot vivo y53,tidak tersedia memory internal hp vivo x3s,kenapa vivo v5 lemot,vivo v5 s lemot gak,cara mengubah jaringan ke 3G pada hp vivo y55L,pengaturan mode data vivo y53 agar tidak lemot,internet lambat vivo v5,cara mengatasi penyimpanan telpon yang rusak hp vivo
Cara Mengatasi Android Lemot Dalam Waktu 2 Menit | sirot | 4.5