Cara Mengaktifkan Camera2 API Smartphone Android

Cara Mengaktifkan Camera2 API Smartphone Android – Smartphone Android saat ini bisa menjadi kamera poket. Karena sudah menggunakan teknologi kamera yang bagus jadi foto yang dihasilkan juga sudah bagus. Para vendor smartphone pun berlomba menghadirkan smartphone high-end nya dengan teknologi kamera yang canggih.

Camera2 API Android

Selain di dukung oleh teknologi kamera yang canggih. Peran sistem operasi juga sangat penting untuk mendukung kinerja kamera pada smartphone agar dapat berjalan dengan baik. Sejak sistem operasi android Lollipop 5.0 google mengumumkan fitur terbaru dari OS tersebut. Yakni Camera2 API, dengan API tersebut banyak sekali fitur dapat kamu gunakan.

Kebanyakan fitur tersebut sering kali kita jumpai pada kamera SLR. Tentunya dapat mendukung aktifitas fotografi dengan menggunakan smartphone android. Fitur-fitur tersebut antara lain:

  • Manual Focus
  • Manual Shutter Speed
  • Manual ISO
  • Manual White Balance
  • RAW Support

Tentunya fitur diatas sangat keren sekali bukan ? Maka dari itu Camera2 API seharusnya wajib di manfaatkan sepenuhnya oleh vendor. Karena beberapa vendor tidak mengaktifkan Camera2 API pada sistem operasi android yang digunakannya. Sehingga kamu harus melakukan beberapa langkah agar Camera2 API dapat di aktifkan pada smartphone android kamu dengan sistem operasi android Lollipop 5.0+

JalanKecoa mencoba cara dengan menggunakan smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Snapdragon) dengan Custom ROM Resurrection Remix. Apabila kamu memiliki smartphone beda tipe atau vendor tidak ada salahnya jika kamu mencobanya. Karena smartphone teman saya dengan menggunakan prosesor Snapdragon, Camera2 API dapat berjalan dengan sempurna. Untuk smartphone dengan prosesor MediaTek saya belum mencobanya.

Tutorial Mengaktifkan Camera2 API Smartphone Android

Syarat

  • Android Lollipop 5.0+
  • Root.
  • Aplikasi Root Explorer.

 1. Buka aplikasi root explorer. Kemudian buka folder /system selanjutnya kamu akan menemukan file build.prop

 2. Edit file build.prop kemudian tambahkan ramuan ajaib berikut ini:

#Camera2 API
persist.camera.HAL3.enabled=1

 3. Tambahkan teks diatas paling bawah di build.prop perlu di ingat, mengedit build.prop dan salah menambahkan bisa menyebabkan bootlop. Jangan lupa untuk backup terlebih dahulu.

 4. Reboot.

 5. Selanjutnya untuk mengetahui Camera2 API sudah diaktifkan atau tidak. Kamu bisa mencoba mengujinya dengan menggunakan aplikasi Manual Camera Compatibilty. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti berikut.

Camera2 API Android

Setelah Camera2 API sudah aktif JalanKecoa menyarankan menggunakan aplikasi FreeDCam. Kamu bisa mengunduhnya pada link http://jalankecoa.blogspot.com/2016/07/download-freedcam-apk-terbaru.html
Karena aplikasi tersebut lebih stabil untuk melakukan foto menggunakan RAW format.

Sekian tutorial cara mengaktifkan Camera2 API di smartphone android. Apabila terdapat pertanyaan silahkan berkomentar pada kolom komentar yang tersedia.

cara setting freedcam,cara setting kamera freedcam,cara menggunakan freedcam,fitur tersembunyi vivo v5,apa itu camera2 api,camera2 api adalah,Aplikasi freedcam,camera2 api mi4c,Cara mengaktifkan camera2 api,pengertian camera2 api
Cara Mengaktifkan Camera2 API Smartphone Android | sirot | 4.5