13 cara agar hp android hemat batre dan tahan lama

Cara menghemat batre android – Hp android kebanyakan bisa dibilang memiliki kekurangan dengan kekuatan daya baterai yang tidak tahan lama alias boros batre. Bahkan ada beberapa smartphone android yang memiliki waktu standby batre yang sangat lemah. Hanya dalam waktu beberapa jam, baterai sudah habis dan harus di charge kembali. Bahkan aplikasi menghemat baterai terbaik pun tidak bisa bekerja maksimal untuk menghemat baterai hp android.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Cara menghemat baterai android sebaiknya kita lihat itu apa saja sih yang membuat baterai pada ponsel Android kia cepat habis?
Banyak sekali faktor yang dapat menguras kekuatan baterai android. Seperti Tehnologi layar bawaan android seperti LCD dan AMOLED merupakan faktor terbesar yang menguras daya baterai di android sobat. Bisa juga karena faktor aplikasi ponsel android kita selalu tersambung dengan jaringan internet untuk sekedar meng-update atau menerima notifikasi ketika kita menggunakannya. Berikut ada beberapa tips cara menghemat batre android.

13 cara agar hp android hemat batre dan tahan lama
cara menghemat batre android

Cara menghemat batre android

1. Atur tingkat Kecerahan Layar

  •  Cara menghemat baterai android dengan mengatur taraf kecerahan layar serendah mungkin sangat efekif buat mengurangi daya baterai yg dipakai buat menerangi layar. Sobat tahu kan, untuk menghidupkan cahaya yg terang di butuhkan daya baterai yg tinggi. Buat itu tidak terdapat salahnya mengatur kecerahan layar ke taraf terendah, namun sobat masih merasa nyaman waktu melihat layar android kita. Jangan menggunakan fitur auto brigtness yg secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar sesuai cahaya ambient ruangan. Sebab fitur auto brightness akan menyampaikan tingkat kecerahan layar lebih asal yg sobat butuhkan. Cara berhemat baterai android ini jauh lebih baik dilakukan secara manual untuk bisa membentuk tingkat kecerahan yg super rendah serta masih nyaman buat ditinjau. Ini adalah galat satu cara primer buat mempertinggi daya tahan baterai sobat. Karena layar merupakan keliru satu pengisap baterai terbesar pada android kita.

2. Pakailah Wallpaper Hitam

  •  Bila hp android sobat mempunyai layar AMOLED (seperti kebanyakan perangkat Samsung), gunakanlah wallpaper berwarna gelap. Cara menghemat batre android menggunakan memakai wallpaper hitam dampaknya akan sangat baik Jika di gunakan sang android yg mempunyai tehnologi layar AMOLED. Sebab layar AMOLED hanya menerangi bagian layar yang berwarna saja. AMOLED  (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode) sinkron namanya, layar amoled terdiri asal bahan organik yang akan membentuk cahaya saat ada aliran arus listrik. Nah Bila memakai wallpaper hitam, maka layar akan terlihat gelap sehingga daya baterai yang digunakan  akan lebih sedikit buat menerangi layar yg gelap tersebut. Sahabat-teman kita pada lembaga XDA Developers telah melakukan percobaan kecil dan  hasilnya adalah kita dapat berhemat lebih kurang 6% daya baterai/ jam pada 20% brightness dengan menggunakan wallpaper hitam di layar AMOLED.

3. Atur ketika Tidur Android

  •  Cara menghemat baterai android yang ke tiga adalah menggunakan mengatur ketika waktu tidur android. waktu tidur yg saya maksud ialah ketika saat layar mati secara otomatis ketika android tidak digunakan. Idealnya Jika layar semakin lama menyala, semakin banyak pula daya baterai yang terkuras. Hal ini telah aku  jelaskan pada cara menghemat baterai android no dua diatas. Layar adalah galat satu penghisap daya terbesar pada android.
    Itulah sebabnya lebih baik mengatur saat tidur android sesingkat mungkin untuk mengurangi konsumsi daya baterai. Coba sobat bayangkan, Bila saat tidur layar android diatur buat tidur pada hitungan menit maka konsumsi baterai yang pada hasilkan empat kali lipat lebih banyak Bila di bandingkan menggunakan mengaturnya hanya pada waktu 15 dtk.

4. Matikan Fitur Pintar Android

  • Cara menghemat batre android selanjutnya mungkin agak sedikit ribet buat dilakukan, sebab kita wajib  mematikan fitur pintar pada android kita. Fitur pintar seperti auto rotation (rotasi otomatis) membutuhkan daya baterai yg tidak sedikit. Begitu juga air gesture yang kebanyakan pada miliki oleh perangkat samsung high end.
    Memang fitur pintar tadi nyaman sekali di gunakan. Tetapi jangan kaget Bila daya baterai yg pada pakai akan terkuras lebih cepat.
    Jadi Bila fitur tersebut tidak seringkali digunakan, lebih baik di matikan saja. Sebab meskipun tidak terlihat, fitur pintar tersebut jua banyak menguras daya baterai.

5.  Matikan getaran dan umpan balik

  • Galat satu penguras daya baterai lainya adalah sistem getaran yang ada di android. Bila sobat berfikir bahwa mematikan getaran (vibrate) tidak berpengaruh buat menghemat baterai android, maka kita keliru akbar. Sebab motor elektrik yang digunakan buat menggerakkan getaran akan menguras tenaga yg akbar pada baterai android. Semakin sering digunakan maka semakin banyak juga energi yg terbuang. Buat itu Jika ingin berhemat baterai android, matikan saja sistem getar di android kita. Baik ketika terdapat telephone masuk, SMS, atau getaran umpan kembali (haptic feedback).

6.  Gunakan pemberitahuan layar kunci

  • salah satu cara menghemat baterai android selanjutnya yang efektif merupakan menggunakan pemberitahuan layar kunci, terutama Jika ponsel android kita memiliki layar AMOLED. Hal ini sebab sobat bisa melihat pemberitahuan sekilas tanpa harus membuka semua layar android sobat. Lho, kok mampu begitu? Begini sobat, Bila terdapat pemberitahuan yang tidak penting masuk ke android kita, apakah sobat akan menyia-nyiakan daya baterei hanya buat melihat pemberitahuan tadi? Tentu tidak kan? Buat itu sangat penting berhemat baterai android menggunakan cara menggunakan pemberitahuan layar kunci. Pemberitahuan layar kunci standar ada di Android Lollipop. Bila sobat menggunakan Android KitKat atau sistem oprasi yang lebih tua, coba gunakan widget layar kunci yang ada pada playstore. Sobat akan mampu mendapatkan semua pemberitahuan tanpa harus membuka ponsel android sobat sepenuhnya.

7. Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan Data

  • Cara menghemat baterai android yang selanjutnya adalah menggunakan mematikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi serta Data android Jika tidak dipergunakan. Mengapa mereka harus dimatikan? Karena Jika semua menyala maka mereka akan terus-terusan mencari frekuwensi meskipun sebenarnya fitur tersebut tidak kita pakai. Proses pencarian frekuwensi inilah yang akan menguras daya baterai android kita. Buat itu nyalakan semuanya Jika sobat butuhkan saja, agar konsumsi daya yang pada gunakan tidak terlalu banyak. Fasilitas GPS di Android sangat bermanfaat buat navigasi arah ketika anda berada pada bepergian jauh. GPS bisa menunjukkan arah yang benar dan  tepat sehingga bisa menjadi alternatif arah yang baik. Tetapi minusnya dalam penggunaan GPS ini menghabiskan konsumsi daya boros yang mengurangi drastis daya hidup baterai anda. Sang karena itu buat menghematnya anda ketika tidak sedang berada pada bepergian maka fitur GPS lebih baik dimatikan saja. Pengguna Android tak jarang lupa buat mematikan GPS padahal tidak sedang berada di perjalanan yang lalu membuat konsumsi baterai menjadi boros.

8.  Kurangi Widget

  • Kurangi widget yg tidak terlalu anda butuhkan. Terutama yg terhubung ke internet seperti widget cuaca. Bila kia memiliki beberapa widget pada beberapa layar home yang terus sinkronisasi dan  memperbarui, seperti Twitter, facebook, cuaca, Gmail dan  banyak lagi, maka widget tersebut akan menguras baterai android sobat. Sayang kan kalau daya baterai terkuras untuk hal yang tidak penting. Cara menghemat baterai android ini tergolong praktis, karena kita tidak harus menggunakan widget yg tidak perlu. Tekan saja aplikasinya waktu sobat membutuhkanya. Dengan begitu batre android kita tidak akan terkuras menggunakan cepat. Disamping itu mengurangi widget jua bisa mempercepat kinerja android yang lemot.

9.  Gunakan Modus Hemat Baterai

  • Power saver. Cara berhemat baterai android yang selanjutnya artinya dengan menggunakan modus irit baterai. Android lolipop memiliki modus irit baterai (power saver) standart yg akan bekerja Jika baterai android dalam keadaan low batt. Power saver tersebut akan meredupkan layar serta mematikan semua aplikasi yg berjalan saat baterai pada keadaan low. Dengan begitu daya baterai akan bertahan lebih lama asal seharusnya. Bila hp android kita tidak mempunyai modus irit baterai, mungkin kita bisa mengunduh aplikasi terbaik penghemat baterai android pada playstore. Namun mungkin perangkat lunak tadi tidak akan cukup membantu buat memperpanjang daya hidup baterai hp android kita.

10.  Matikan Fitur OK Google

  • [“OK Google”] pencarian suara Google adalah fitur fantastis dan sangat fungsional. Masalahnya adalah jika fitur itu aktif terus menerus maka hal itu bisa menyebabkan baterai android terkuras lebih cepat. Kenapa bisa begitu? Karena fitur ini akan selalu mendengarkan perintah dari kita meskipun ponsel android dalam keadaan tidur (sleep). Jika sobat tidak menggunakan fitur tersebut atau hanya menggunakanya sesekali lebih baik di matikan saja. Masuk ke [“aplikasi Penelusuran suara”]. Pilih setelan > Suara > Lalu Pilih [“deteksi Ok Google”]. Dalam menu ini, untuk mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama, sobat bisa non aktifkan semua pilihan. Tetapi jika kita adalah penggemar dari [“Ok Google”], Aktifkan hanya [“Dari aplikasi Google”] yang terletak di bagian atas sendiri, agar OK Google masih bisa mendengarkan perintah saat kita masuk di aplikasi Google.

11.  Menginstal Aplikasi Penghemat Baterai

  • Selain cara menghemat baterai android dengan mengatur beberapa fitur dalam ponsel, anda dapat menambahkan aplikasi-aplikasi dari Play Store untuk mengoptimalkan penggunaan baterai pada smartphone Android. Salah satunya yang dapat anda gunakan adalah DU Battery Saver,Battery Doctor, Avast Battery Saver . Aplikasi ini adalah aplikasi yang populer di PlayStore karena fiturnya yang lebih lengkap dari aplikasi-aplikasi buatan kompetitor dalam menghemat baterai anda. Pada DU Battery Saver didalamnya terdapat beberapa modus dan pre-set pilihan cerdas yang user friendly dalam penggunaannya sehingga baterai anda tidak cepat habis. Sejatinya aplikasi penghemat baterai Android hanya bekerja buat mengatur management pemakaian daya baterai, bukan berarti akan menambah masa aktif baterai secara signifikan. Namun fitur yang dimiliknya permanen krusial buat menaikkan kinerja baterai smartphone Android yg kita miliki, karena rata-rata perangkat lunak penghemat baterai akan mengatur kebutuhan daya sesuai perangkat lunak yang kita instal, serta akan otomatis menutup software yang diklaim mengurangi daya tahan baterai.

12.  Jangan Terlalu terobsesi Pada Hp

  • Mungkin cara menghemat baterai android ini terdengar aneh. Akan tetapi, karena layar artinya pengisap baterai terbesar pada Android, maka waktu anda menyentuh layar serta menyalakan ponsel kita, waktu itu pula daya baterai pada android kita terhisap. Jadi jangan terlalu tak jarang menyalakan ponsel android kita. Itu merupakan hal terbaik buat berhemat baterai hp android kita. Saya tidak berkata supaya kita tidak mempelajari ponsel kita sama sekali. Akan tetapi apakah kita harus memeriksanya setiap sepuluh mnt sekali ? Pasti tidak kan? Cobalah latihan menahan diri untuk tidak terlalu seringkali menyalakan ponsel kita, kemudian lihatlah hingga berapa usang baterai android sobat bertahan.

13. Merubah Koneksi 

  • Cara menghemat baterai android yang perlu anda perhatikan adalah persoalan koneksi! Tidak stabilnya pancaran sinyal data 3G asal Android akan membuahkan smartphone kita harus terus mencari pancaran frekwensi yg terbaik dimana pun anda mengaktifkannya. oleh sebab itu buat berhemat penggunaaan baterai usahakan saat sedang berada di lokasi HotSpot disarankan untuk mematikan akses seluler terlebih dahulu menggunakan menyambungkan Android dengan jaringan Wi-Fi yang tersedia. Sekarang ini daerah-kawasan yang menyediakan akses Wi-FI menjamur mulai asal tempat tinggal, kantor, kampus, ataupun sentra perbelanjaan maka segera alihkan koneksi menuju jaringan Wi-Fi yang dimana memiliki kecepatan yg lebih tinggi serta stabil sebagai akibatnya smartphone hanya akan menghabiskan saat yg lebih singkat buat load ketika anda sedang browsing atau menggunakan aplikasi-aplikasi yang selalu terkoneksi dengan internet.

Silahkan Baca Juga :

Lihat juga cara mengaktifkan jaringan 4G di bb Q5, cara mengaktifkan 4g di htc one m7, cara mengaktifkan javascript di uc browser, layar vivo redup saat menonton video, Cara menggunakan postern apk, cara setting queencee vpn v5 lite, cara aktifkan otg vivo v5, cara mengaktifkan 4g bb q5, Freedcam setting, settingan kamera freedcam

Press ESC to close